nara in Facebook

Profil Facebook Nazula Rahma

Taksonomi Jamur Tiram


Jamur tiram berdasarkan pengelompokannya jelas masuk pada kingdom Fungi dan jamur tiram ini disebut juga dengan Oyster mushroom dan ada yang menyebut Pleorotus sp. Bentuk tudungnya menyerupai cangkang karang atau turam dengan bagian dari tepi tudungnya agak bergelombang. Letak tangkai tudungnya tidak tepat di tengah, tetapi agak ke samping bahkan sebagian relatif. Warna jamur tiram beragam, tergantung jenisnya.
Dalam klasifikasinya jamur ini termasuk dalam basidiomycota karena dapat dilihat dari tudung bagian bawah yang membentuk miselium-miselium yang terbentuk dari hifa-hifa yang bersekat. Tudung bawah sebenarnya adalah tubuh buah dari jamur itu sendiri atau yang sering disebut basidiokrap. Dari semua beberapa hal yang disampaika diatas merupakan ciri-ciri dari jamur berdasarkan alat reproduksi seksual pada khususnya masuk dalam Basidiumspora devisi Basidiummycota.
Pleorotes atau jamur kayu (jamur tiram) biasa hidup di kayu, substrat yang lebih dikenal dengan gergajen yang mengandung banyak
lignin dan selulosa. Sehingga membuat jamur ini enak dimakan.
Ada macam-macam jenis jamur tiram ini antara lain
1. jamur tiram putih (White oyster), berwarna putih susu hingga putih kekuningan. Diameter tudungnya mencapai 3 – 4 cm.
2. jamur tiram abu-abu, berwarna abu-abu kecoklatan hngga kuning kehitaman. Diameter tudungnya 6 – 14 cm.
3. jamur tiram coklat ( Tedokihiratake atau Abalaon), berwarna putih atau sedikit keabuan hingga abu – abu kecoklatan, diameter tudungnya 5 – 12 cm.
4. jamur tiram pink ( Pink oyster atau sakura shimeji ), berwarna kemerahan.
Jamur tiram mudah kita temui di pasar – pasar tradisional maupun supermarket. Biasanya dijual dalam keadaan segar, tetapi ada juga dalam kemasan kaleng (diawetkan).
Dari hasil penelitian Departemen Sain, Kementerian Industri Thailand, jamur tiram mengandung protein 5,94% ; karbohidrat 50,59% ; serat 1,56% ; lemak 0,17% ; dan abu 1,14%.
Dan bila diteliti dari 100 gram jamur tiram segar mengandung 45,65 kalori ; 8,9 miligram(mg) kalsium ; 1,9 mg besi ; 17,0 mg vitamin C.
Dari taksonomi jamur tiram yang ada di atas kita beranjak pada sebuah pada sebuah kenyataan yaitu ciri – ciri jamur tiram dan dalam klasifikasinya berdasarkan cara reproduksi seksualnya.

0 komentar:

Posting Komentar

silakan kasih coment ya