nara in Facebook

Profil Facebook Nazula Rahma

Chiton

Chiton sp termasuk dalam kelas polyplacophora. Chiton sp memiliki struktur yang sesuai dengan kebiasaan melekat pada batu karang dan cangkang mirip hewan lainnya. Apabila disentuh, akan melekat erat pada batu karang. Hewan ini merayap perlahan-lahan pada dasar laut di batu-batuan yang lunak. Sendi-sendi yang dimilikinya dapat dibengkokkan sehingga tubuhnya dapat dibulatkan seperti bola.

Habitat Chiton sp ini adalah di laut, di daerah pantai sampai kedalaman sedang, dan memakan rumput laut dan mikro organisme dari batu karang.

Struktur dan ciri-ciri karakteristik:

· Bentuk tubuh elips, bagian dorsal dilindungi 8 lembar kapur yang pipih dan tersusun seperti genting, di kelilingi oleh girdle (gelang) yang tebal

· Kaki berotot, diantara kaki dan mantel di permukaan ventral ada alur yang dangkal di sebut alur pallial dan pada alur itu terdapat 6-80 pasang insang yang panjang.

· Bagian mereduksi tidak punya mata dan tentakel. Dalam mulut punya alat untuk memarut disebut radula dengan deretan gigi yang banyak.

· Jantung terletak disporior, terdiri dua atrium dan satu ventrikel.

· Ekskresi: nephridia

· Beberapa chiton punya titik yang kecil/mata di dalam epidermis pada lembaran

· Jenis kelamin terpisah, telurnya banyak, fertilisasi eksternal.

Bentuk tubuh Chiton sp oval, pipih dorsoventral dan pada dorsal tubuhnya dilindungi oleh delapan keping cangkang yang tersusun tumpang tindih seperti genting. Cangkang Chiton sp hanya terdiri dari dua lapisan yaitu

· Lapisan terluar disebut tegmentum. Tersusun atas konsiolin dan CaCO .

· Lapisan terdalam yang disebut antikulamentum yang bersifat kalkareus.

Pada bagian ventro- anterior tubuh terdapat kepala berukuran kecil yang tidak begitu nyata, tidak memiliki mata dan tentakel. Mantel tebal, di posterior kepala terdapat kaki berotot yang pipih dan luas untuk memudahkan melekat pada suatu substrat.

Hewan ini tiak memiliki karakteristik yang jelas yaitu adanya delapan keping cangkang yang tersusun tumpang tindih. Tetapi setiap keeping cangkang ditutup oleh jaringan mantel dan luas sempitnya penutupan tersebut berbeda antara satu spesies dengan spesies lainnya. Daerah di sekeliling mantel disebut gelang. Permukaan gelang ditutup oleh kutikula tipis dengan permukaannya yang kemungkinan bersifat halus, bersisisk atau spikula yang terbuat dari zat kapur.

Kaki chiton sp terletak di permukaan ventral tubuh dan berfungsi untuk melekat juga untuk bergerak. Gerak merayap pada spesies ini sangat lambat karena disebabkan oleh gerakan bergelombang otot kaki seperti gerakan yang dimiliki oleh Bekicot. Bagian yang digunakan unutk melekat pada substrat adalah kaki dan gelang. Pada dasarnya kaki digunakan untuk melekat namun apabila ia diganggu, maka gelang yang berperan juga untuk melekat.habitatnya di bawah laut. Habitat di bawah batu karang. Aktifitasnya dengan menggunakan sebagian dilakukan pada malam hari.

Alat respirasi pada Chiton sp adalah insang bipectinate(ktenidia) yang terletak di dalam lekuk mantel yaitu ruang yang terbentuk, terlihat jumlah insang antara 6-8 pasang yang tersusun dalam suatu garis pada kedua sisi tubuhnya.

Sistem reproduksi, terdiri atas sebuah gonade yang terdapat di anterior rongga pericardium di bawah keping cangkang bagian pertengahan. Chiton sp bersifat diocious. Telur atau sebuar atau sperma dilepaskan dari gonade ke dalam air (lingkungan sekitar) melalui gonofer.

Chiton sp ini tidak melakukan kopilasi. Hewan jantan melepaskan sperma yang selanjutnya diikutkan aliran air untuk responsnya. Fertilisasi terjadi di lingkungan eksternal atau di dalam rongga mantel. Telur yang telah dibuahi berkembang menjadi trochophore dan tidak memiliki fase larva fiiliger.

Klasifikasi

Kingdom : Animalia

Filum : Mollusca

Kelas : Amphineura

Ordo : Polyplacophora

Famili : Chitondae

Genus : Chiton

Spesies : Chiton sp

8 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih, ini sangat membantu saya menyelesaikan laporan saya.

fikw mengatakan...

itu kelas sama ordo kebalik ya?

Hayo siapa mengatakan...

Peranan chiton bagi kehidupan ada engga ?

Yulmila mengatakan...

@RIZQI MAISAROH
MENURUT SAYA CHItON MEMLIKI PERANAN BAGI KEHIDUPAN YAITU SEBAGAI BAHAN MEDIA AJAR KEPADA MAHASISWA ITU KAN PERANNANYA

Unknown mengatakan...

Peran chithon dalam kehidupan manusia apa ya ?

Unknown mengatakan...

Peran chiton dalam kehidupan manusia apa ya ?

Unknown mengatakan...

Hmm

Unknown mengatakan...

Peran chiton dalam kehidupan manusia apa ya ?

Posting Komentar

silakan kasih coment ya